Selamat Datang di Blog Kampung Nelayan

MEMBANGUN KEPEMIMPINAN MAHASISWA UNHAS , MENYONGSONG EKONOMI BIRU DAN MARITIM



MEMBANGUN KEPEMIMPINAN MAHASISWA UNHAS , MENYONGSONG EKONOMI BIRU DAN MARITIM

Mahasiswa sebagai agen perubahan dan memeiliki Peran kepemimpinan  menjadi sangat strategis dalam mewujudkan keberhasilan pembangunan MARITIM sektor perikanan dengan pendekatan Ekonomi Biru.

 Kemampuan sumber daya manusia Khususnya mahasiswa dan Sumberdaya alam yang melimpah akan menjadi kurang berarti apabila tidak ada peran kepemimpinan yang mampu menggerakan segenap potensi yang ada dalam mengelola dan memanfaatkan sumberdaya alam tersebut. Oleh karena itu, Perguruan tinggi khususnya UNHAS mempunyai peran yang sangat penting untuk menyiapkan pemimpin-pemimpin yang mampu mewujudkan tujuan pembangunan MARITIM melalui pendekatan Ekonomi Biru." Dengan kata lain UNHAS sebagai perguruan tinggi yang memiliki visi MARITIM harus mampu mengembangkan kepemimpinan para mahasiswanya dengan menumbuhkan semangat entrepreneurship”.

“Universitas Hasanuddin merupakan perguruan tinggi terkemuka di indonesia memiliki visi MARITIM  yang memiliki kepakaran dalam dunia riset kelautan dan perikanan harus menjadi pilar utama dalam pengembangan sektor perikanan dan kelautan yang masih belum maksimal di kelolah. Ekonomi Biru merupakan sebuah model ekonomi baru untuk mendorong  pelaksanaan pembangunan berkelanjutan dengan kerangka pikir seperti cara kerja ekosistem. Paradigma Ekonomi Biru mengajak kita belajar dari alam dan menggunakan logic of ecosystem didalam menjalankan pembangunan.(Pers KKP) Untuk itu, penerapan konsep Ekonomi Biru membutuhkan dukungan pengetahuan dan teknologi. Implementasinya di sektor Kelautan dan Perikanan membutuhkan cutting-edge innovations yang tidak hanya mampu memanfaatkan sumberdaya alam secara berkelajutan, tetapi lebih konkrit inovasi sistem produksi bersih tanpa limbah.

Ekonomi Biru hanya akan menjadi sebuah konsep semata tanpa ada peran perguruan tinggi yang menunjang sebagai tempat penelitian .dan konsep UNHAS sebagai perguruan tinggi dengan visi MARITIM juga tidak sebagai wacana.dengan adanya olaborasi. Dunia riset dan teknologi harus dekat dengan dunia usaha, hasil-hasil riset harus benar-benar terbukti memadai. Kolaborasi dan integrasi antara dunia pendidikan atau riset, pemerintah dan swasta adalah kunci dalam implementasi Ekonomi Biru. Meneurut menteri KP konsep Ekonomi Biru memang bukan identik dengan ekonomi kelautan atau ocean-based economy, namun prinsip-prinsip dasarnya dapat diterapkan di sektor kelautan dan perikanan, terutama untuk mendorong pemanfaatan sumberdaya alam secara efisien dan tidak merusak lingkungan, namun mampu meningkatkan kesejahteraan  masyarakat. Selain itu, Ekonomi Biru (blue economy) juga bukan Ekonomi Hijau (green economy) yang diterapkan di sektor kelautan dan perikanan, karena ada beberapa prinsip yang tidak begitu pas dengan karakteristik sektor kelautan dan perikanan. “Ekonomi Biru pada akhirnya akan menjamin bahwa suatu pembangunan yang dijalankan tidak hanya akan menghasilkan pertumbuhan ekonomi, akan tetapi juga menciptakan lebih banyak lapangan kerja sekaligus menjamin terjadinya keberlanjutan,” .







Tidak ada komentar:

KARYA POPULER